Wajib Baca “Time Out” Bersama Elizabeth Kristi Poerwandari

Kompas, Sabtu 12 Mei 2018 kolom Akhir Pekan kali mengupas tema yang cukup menarik yaitu “Time Out” . Hal terpenting dalam hidup adalah bagaimana kita mengendalikan diri, terutama ketika kita sedang marah. Salah satu cara adalah dengan mengenali gaya berkonflik dari orang yang kita hadapi, agresif atau pasif tanpa perlu terpancing dalam eskalasi emosi sehingga bisa berdampak fatal.

MenurutĀ  Elizabeth, kemampuan yang dapat dilatih untuk mengelola amarah adalah kesedian dan kemampuan mengambil time out. Apa itu time out, time out merupakan sikap ketika menghadapi amarah adalah dengan meninggalkan arena pertengkaran, agar tidak terjadi puncak dari amarah itu sendiri dengan tujuan bisa berpikir jernih dan dapat mengambil tindakan secara tepat.

Time out bukan berrati kita kalah, melainkan sebuah tanda kematangan dimana kita mengambil sikap untuk menenangkan diri dan meminimalisir tindakan yang nantinya akan disesali, hal yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengenali kapan emosi makin memuncak dan lepas kendali. Maka dari itu sebalum diri sendiri atau orang lain lepas kendali, mari berhenti, tambah Elizabeth.

Sumber: Kompas, 12 Mei 2018 Kolom Akhir Pekan Konsultasi : Time Out.