Mengelola Waktu yang Nggak Bikin Stress !!!

Bagaimanakah mengelola waktu agar berjalan sesuai dengan target, menurut Psikolog Agustine Dwiputri mengelola waktu merupakan kemamlpuan untuk merencanakan dan mengendalikan bagaimana menggunakan waktu sehari- hari untuk mencapai tujuan secara efektif. Ada beberapa  kiat agar kita dapat mengelola waktu dengan efektif tetapi bebas stress menurut Lee Polevoi, yaitu:

  1. Pahami tujuan

Maksud dari pernyataan pahami tujuan adalah bagaimana kita terlibat dalam sebuah kegiatan yang mendukung sasaran, berarrti lebih mengutamakan fokus terhadap tujuan yang telah dibuat. Kegiatan yang lain yang tidak potensial dianggap sebagai pembuang waktu.

  1. Prioritaskan secara Bijak

Disini berrati bahwa memperioritaskan kegiatan yang penting dan mendesak, tugas yang mendesak untuk segera dilakukan. Setidaknya menulis tiga atau empat tugas yang penting dan mendesak yang harus di atasi hari ini, jangan lupa memeriksa daftar setiap menyelesaikan tugas.

  1. Katakan saja “tidak”.

Katakan tidak terhadap hal yang sekiranya tidak penting dan mendesak dan jangan ragu untuk melakukannya

  1. Rencanakan ke depan

Cobalah untuk melakukan salah satu tips yang disarankan oleh Lee Polevoi ini. Cara pertama malam sebelumnya, di penghujung hari kita sebaiknya meyempatkan waktu sekitar 15 menit untuk memberiskan tempat kerja dan menyusun daftar tugas yang paling mendesak untuk hari beirkutnya.  Cara kedua adalah, menyusun daftar tugas yang diprioritaskan pada waktu menit awal .

  1. Hilangkan Gangguan

Fokus pada pekerjaan dengan meminamilisir gangguan seperti ponsel genggam yang menimbulkan kecanduan. Hal yang dapat dilakukan adalah mematikan ponsel genggam dan merencanakan jeda waktu untuk membuka pesan seperti email, whatsapp, atau berbicara dengan rekan kerja.

  1. Lebih sering mendelegasikan

Adalah dengan cara  mencari peluang kepada karyawan yang berbakat untuk memberikan tanggung jwab pada tugas- tugas khusus.

  1. Jaga diri baik- baik

Menjaga kesehatan dengan tidur yang cukup dan olahraga.

Itulah beberapa tips yang bisa bermanfaat dalam mengelola waktu kita sehari- hari, seklai lagi waktu tidak bisa diputar kembali. Kita adalah pemimpin bagi diri kita sendiri, setidaknya kitabisa mengurangi beban stress dalam bekerja dengan mengatur waktu .

Sumber: Harian Kompas Sabtu, 26 Mei 2018. Kolom Akhir Pekan: Konsultasi, Mengelola Waktu oleh Agustine Dwiputri