Gramedia Adakan Seminar “Tantangan Literasi Digital”

Kamis 14 Maret 2019  PT. Gramedia menyelenggarakan Seminar dengan tema “Tantangan Literasi Digital” di Ruang Meetingroom Hotel h-Boutique Yogyakarta, acara dimulai pukul 08.30 sampai dengan 12.00 Wib.

Acara seminar menghadirkan  dua pembicara yaitu Eka Indarto yang merupakan praktisi dalam bidang TI  dan juga menjabat sebagai Dewan Smart City Kota Yogyakarta yang menyampaiakan tema seminar yang menarik “Literasi Digital, Knowledge Infrastructure dan Smart People” . Pembicara kedua adalah Petrus Sarjito yang merupakan salles Officer dari PT. Gramedia.

Dalam pengantar acara, Eka Indarto menyampaikan bahwa salah satu ciri smart city itu berhasil buka terletak pada kecerdasan otaknya, namun kita menyadari  bahwa masyarakat berada pada lingkungan yang cerdas. Kemudian kekuatan untuk menuju masyarakat yang cerdas terdapat dua kekuatan yaitu kemampuan literasi digital dan knowledge infrastructure.

Mengapa literasi digital, dalam resume seminar ini akan  disampaikan bahwa literasi digital menjadi hal yang utama bagi masyarakat diera digital. Sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Presiden Jokowi “Indonesia menjadi pusat ekonomi terbesar di Asia Tenggara Agustus 2016” sehingga perlu ada kesiapan masyarakat dalam bidang computer science.

Dalam bidang perpustakaan sendiri piranti digital mendukung pelayanan kepada pemustaka lebih cepat dan efisien. Bagaimana piranti digital tersebut membuat perpustakaan menjadi “Modern Digital Library” yang menempatkan hal tersebut sebagai aset untuk maju. Kedepan Pustakawan diharapkan mampu mengkalsifikasi pengetahuan (Knowledge Clasification) yang didukung dengan perangkat tenologi informasi.

(admin)