Perpustakaan UMBY Lakukan Penyiangan Terhadap Koleksi Sirkulasi dan Skripsi

Sebagai Upaya mewujudkan misi perpustakaan yaitu “Menjadi Pusat Informarsi dan Rujukan dengan Komitmen pada Mutu dan pemanfaatan tekonologi, bagi civitas akademika dalam melaksanakan proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat” Perpustakaan UMBY telah melakukan penyiangan selama liburan semester genap tahun 2019 di Perpustakan UMBY . Penyiangan merupakan hukum keempat dan kelima ilmu perpustakaan yang dicetuskan oleh Dr. S.R. Ranganathan.

Penyiangan sendiri merupakan proses evaluasi sumber daya perpustakaan secara berkala dan berkesinambungan dengan tujuan menghapus buku- buku rusak, tidak layak untuk dibaca, tingkat keterpakaian koleksi jarang. Selain itu dengan adanya penyiangan peprustakaan dapat meningkatakan layanan sirkulasi, menjaga relevansi dan keakuratan koleksi perpustakaan. Penyiangan di Perpustakaan UMBY sendiri telah diatur dalam sebuah kebijakan penyiangan yang memuat pedoman penyiangan itu sendiri.

Adapun koleksi buku dan skripsi yang mengalami proses penyiangan adalah sepuluh  tahun terakhir. Tidak hanya pada koleksi buku dan skripsi saja melainkan penyortiran terhadap koleksi majalah dan jurnal. Untuk majalah sepuluh tahun terakhir, lima tahun terakhir untuk jurnal. Prosens penyiangan dilaksanakan oleh sembilan staff perpustakaan yang dibagi dalam beberapa tim agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

Implikasi dari penyiangan ini dapat bermanfaat untuk mengembangkan startegi berkelanjutan, khususnya dalam menyususn kebijakan yang cocok untuk penyingan. Strategi berkelanjutan perlu diintegrasikan ke dalam platform untuk menjadi pedoman keputusan di masa yang akan datang mengenai koleksi, gedung perpustakaan, digitalisasi koleksi, sarana dan prasarana, dan upaya layanan perpustakaan.