Profil

PROFIL

Sekilas Tentang Perpustakaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Sejarah terbentuknya Perpustakaan Mercu Buana Yogyakarta tidak terlepas dari  institusi awal yang menaungi, yaitu Universitas Wangsa Manggala yang berdiri pada 1 Oktober 1986. Kemudian pada tanggal 5 april 2019 dengan SK Yayasan Wangsa Manggala Nomor : 02/SKep/Ket/YWM/IV/2008 tertanggal 1 April 2008 berubah nama menjadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Sejalan dengan itu, maka berdirilah Perpustakaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Perpustakaan Univesitas Mercu Buana Yogyakarta didirikan dengan tujuan menyediakan bahan pustaka dan akses infromasi yang relevan dengan seluruh prodi di Universitas Mercu Buana Yogyakarta bagi pemustaka untuk kepentingan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat atau Tri Dharma perguruan tinggi. Sehingga Ketersediaan layanan dan sumber- sumber informasi baik cetak maupun online menjadi kebutuhan informasi yang mendasar bagi civitas akademika.

Dalam memenuhi kebutuhan informasi, perpustakaan menawarkan berbagai macam layanan yang dapat diakses di  Perpustakaan Kampus 1 yang berlamatkan di Jl. Wates Km.10 dan Perpustakaan Kampus 3 yang beralamatkan di Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Visi dan Misi Perpkustakaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Guna mendukung visi Univeristas Mercu Buana Yogyakarta yaitu Menjadi Universitas Unggul , Mutu Dan Bermanfaat, Bertaraf Internasional Pada Tahun 2029, maka perpustakaan memiliki visi dan misi yaitu:

Visi :

Menjadi perpustakaan sebagai pusat desiminasi ilmu pengetahuan untuk mendukung tercapainya UMBY yang Unggul, Mutu dan Bermanfaat Bertaraf Internasional pada tahun 2029

Misi :

  1. Mengembangakan dan mengimplementasikan sistem perpustakaan berdasarkan manajemen mutu.
  2. Meningkatkan kemampuan penyediaan berbagai sumber informasi bermutu dalam media cetak dan elekrtonik, bersifar local, nasional maupun Internasional.
  3. Meningkatkan dan memaksimalkan pemanfaaan Internation and Commnunications Tecnology (ICT) Sebagai penunjang penyelenggaraan sistem perpustakaan
  4. Menyediakan baerbagai layanan tepat, cepat dakurat untuk memenuhi kebutuhan penguna
  5. Meningkatkan literasi informasi pemustaka
  6. Membangun kerjsama yang efektif dengan perpustakaan lain baik dalam negeri maupun luar negeri.

Lokasi Perpustakaan: 

Kampus 1 : Jalan Wates Km. 10 Yogyakarta

Kampus 3 : Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta  (Lantai 2)

Jam Buka Layanan Perpustakaan Selama Pandemi COVID-19

Hari Perpustakaan Kampus 1 Perpustakaan Kampus 3
Senin , Rabu, Jum’at 08.00- 11.30 WIB 08.00- 11.30 WIB
Sabtu TUTUP TUTUP

Keanggotaan

Anggota perpustakaan adalah seluruh Civitas Akademika UMB Yogyakarta (Dosen, Karyawan, Mahasiswa), berhak menjadi anggota perpustakaan. Pengunjung dari luar dapat menjadi anggota perpustakaan selama 3 bulan dan dapat diperpanjang, dan perpustakaan juga menerima keanggotan baru JLA (Jogja Library for All).

Syarat menjadi anggota perpustakaan

  1. Menunjukkan Kartu Mahasiswa UMBY
  2. Mengisi formulir dan foto langsung di perpustakaan
  3. Membayar Rp. 5.000 (Lima ribu rupiah) untuk masa keanggotaan 1 tahun. Apabila masa keanggotaan sudah habis, keanggotaan dapat diperpanjang dengan membayar Rp. 5.000 kembali

Ketentuan Peminjaman

  1. Mahasiswa S1 berhak meminjam 2 buku dalam jangka 7 hari
  2. Mahasiswa S2 berhak meminjam 3 buku dalam jangka 7 hari
  3. Dosen atau pegawai berhak meminjam 4 buku dalam jangka 14 hari
  4. Perpanjangan masa peminjaman dapat dilakukan dengan melaporkan ke bagian sirkulasi
  5. Keterlambatan pengembalian diberikan sanksi denda sebesar Rp. 500 / buku / hari
  6. Syarat meminjam buku adalah menunjukkan Kartu Anggota Perpustakaan
  7. Buku yang hilang atau rusak wajib diganti dengan buku yang sama